Minggu, 24 Januari 2010

.: Masyarakat Hacker [Tingkatan] :.

Yang menarik dalam dunia Hacker, yaitu terjadi srata-srata (tingkatan) yang diberikan oleh komunitas Hacker kepada seseorang karena kepiawaiannya, jadi bukan karena umur atau senioritasnya. Maski tidak semua orang setuju dengan tingkatan-tingkatan ini karena ada kesan arogan terutama pada level yang tinggi.

1. Mundane Person

Tingkatan paling bawah. Seseorang pada tingkatan ini pada dasarnya tidak tahu sama sekali tentang hacker dan cara-caranya, walaupun ia mungkin memiliki komputer sendiri dan akses Internet. Ia hanya tahu bahwa yang namanya hacker itu membobol sistem komputer dan melakukan hal-hal yang negatif (tindak kejahatan).

2. Lamer

Seseorang pada tingkatan ini masih dibingungkan (karena minimalnya pengalaman dan pengetahuan) oleh seluk beluk hacking karena ia berpikir bahwa melakukan hacking sama seperti cara-cara "warez" (dalam dunia underground berarti menggandakan perangkat lunak/software secara ilegal dan menggunakannya). Pengetahuannya tentang hal-hal seperti itu masih minim, tapi sudah mencoba belajar. Seseorang pada tingkatan ini sudah bisa mengirimkan trojan (yang dibuat orang lain) ke atau pada komputer orang lain ketika melakukan obrolan pada IRC atau ICQ dan menghapus file-file mereka. Padahal ia sendiri tidak tahu persis bagaimana trojan bekerja. Dengan kata lain mereka hanya bergantung pada software2/tool2 tanpa tahu bagaimanan software itu bekerja. Dan biasanya "menyombongkan" diri di forum2, IRC channel dll padahal mereka belum mempunyai skill sendiri. Karena skill mereka hanya ada di softaware/tool2 milik orang lain.

3. Script Kiddie

"Seperti juga lamers, mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal. Biasanya tidak lepas daru "GUI" (Grafik User Interface) Hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti dan menyusahkan hidup sebagian pengguna internet [Onno W. Purbo]."

Script Kiddie adalah seseorang yang menggunakan script (kode program) dan program yang telah ditulis orang lain untuk melakukan kegiatan Hackingnya. Mereka (Script kiddie) sendiri tidak mengerti bagaimana membuat program/script atau exploit sendiri. Bahkan mereka juga tidak mengerti bagaimana cara kerja sebenarnya dari script orang lain yang mereka gunakan.

4.Developed Kiddie

Sebutan ini terutama karena umur kelompok ini masih muda (ABG) dan masih sekolah. Mereka mambaca tentang metode hacking dan caranya di berbagai kesempatan. Mereka mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil dan memproklamirkan kemenangan ke lainnya. Umumnya mereka masih menggunakan Grafik User Interface (GUI) dan baru belajar basic UNIX, tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi

5 Wannabe
Pada tingkatan ini seseorang sudah mengetahui bahwa melakukan "hack" itu lebih dari sekedar menerobos masuk ke komputer orang lain. Ia menganggap hal tersebut sebagai sebuah filsafat atau "way of life". Akhirnya ia jadi ingin tahu lebih banyak lagi. Ia mulai mencari, membaca dan mempelajari tentang metode-metode hacking dari berbagai sumber.

5. Larva

Juga dikenal dengan sebutan "newbie". Pada tingkatan ini ia sudah memiliki dasar-dasar teknik hacking. Ia akan mencoba menerobos masuk ke sistem orang lain hanya untuk mencoba apa yang sudha ia pelajari. Meskipun demikian, pada tingkatan ini ia mengerti bahwa ketika melakukan hacking ia tidak harus merusak sistem atau menghapus apa saja jika hal itu tidak diperlukan untuk menutupi jejaknya.

6. Semi Elite

Hacker ini biasanya lebih muda daripada Elite. Mereka juga mempunyai kemampuan dan pengetahuan luas tentang komputer. Mereka mengerti tentang sistem operasi (termasuk lubangnya). Biasanya dilengkapi dengan sejumlah kecil program cukup untuk mengubah program eksploit. Banyak serangan yang dipublikasikan dilakukan oleh Hacker kaliber ini. Tapi sialnya oleh para Elite mereka sering di kategorikan Sebagai Lamer.

7. Elite / Suhu

Sebenarnya sulit untuk mengatakan tingkatan akhir atau final dari "hacker yang telah tercapai". Karena selalu ada saja sesuatu yang baru untuk dipelajari atau ditemukan ( mengumpulkan informasi dan mempelajari dengan cermat merupakan dasar-dasar yang sama bagi seorang "Hacker") dan hal tersebut juga tergantung perasaan (Feeling). Mereka juga dikenal sebagai 3133t, 31337, 31373 atau kombinasi dari itu (saya juga tidak tahu mengapa :P). Mereka mengerti sistem operasi lur dalam, sanggup mengkonfigurasi dan menyambungkan jaringan secara global. Mereka juga merupakan ujung tombak industri Keamanan jaringan. Mereka juga sanggup melakukan pemograman setiap harinya. Mereka biasanya efisien dan terampil, menggunakan pngetahuannya dengan tepat. Mereka juga dapat seperti "Siluman" yang dapat memasuki sistem tanpa di ketahui, walaupun mereka tidak akan menghancurkan data-data. Karena mereka selali MENGIKUTI peraturan yang ada.

8. Sombong
Satu lagi tingkatan Mayarakat Hacker yaitu SOMBONG. Sombong merupakan salah satu sebab utama seorang hacker tertangkap. Mereka menyombongkan diri dan memproklamirkan apa yang mereka capai untuk memperoleh pengakuan dari yang lain.


Jadi sekarang anda masuk ke tingkatan mana...???? :)


2 komentar:

Anonim mengatakan...

wah mantaph infonya
berarti yang menyombongkan diri di forum2, IRC channel, dll (Lamer) masuk dalam hacker tingkatan terakhir
:D "hacker SOMBONG"
whwhwhwh....


-"hanya ingin menulis apa yang ingin aku tulis"
:P

Pl4nkt0n_767 mengatakan...

@xDarkx : makasih om.. :p

betul..betul..betul..

It tidak patut di contoh.. :p

Posting Komentar

Semoga bermanfaat... Tulislah kritik dan saran anda.. :))